Apa Itu Micro Influencer dan Keuntungannya untuk Promosi Usaha?

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Instagram adalah salah satu media promosi yang paling efektif di era digital seperti sekarang. Pasalnya sudah banyak sekali orang yang mulai mencari atau membeli produk apapun secara online menggunakan smartphone. Dalam memaksimalkan promosi di Instagram, biasanya para pelaku usaha memanfaatkan jasa influencer untuk memasarkan produk. Salah satunya dengan penggunaan jasa micro influencer.  

Apa Itu Micro Influencer? 

micro influencer
Gambar: freepik.com

Micro influencer adalah kategori influencer yang umumnya memiliki jumlah pengikut berkisar antara 10 hingga 100 ribu. Tingkatan influencer ini hanya akan fokus pada lingkup terbatas sesuai dengan kemampuan atau bidang yang mereka kuasai. 

Dengan terbatasnya jumlah pengikut mereka di media sosial, micro influencer akan memiliki hubungan interaksi yang intens. Hal itu meningkatkan engagement atau keterlibatan influencer dengan pengikut jadi lebih sering. 

Perlu kamu pahami bahwa menggunakan jasa micro influencer untuk promosi di Instagram ternyata cukup menguntungkan. Alasannya, karena mereka mampu menjangkau beberapa lingkup tertentu, sehingga memperluas jangkauan target market usahamu.  

Keuntungan Menggunakan Jasa Micro Influencer untuk Promosi di Instagram

1. Dapat menjangkau niche tertentu sehingga memperluas target market

Memiliki target market tertentu di pasar ternyata akan jauh lebih efektif saat melakukan promosi di Instagram. Dengan jasa micro influencer, kamu memiliki kesempatan untuk menunjukkan produk usaha pada kelompok spesifik yang ingin benar-benar dituju. 

Tentu ini akan berujung pada peningkatan engagement yang bisa mendatangkan banyak pelanggan potensial untuk langsung membeli produk usahamu. 

2. Biaya jasa lebih terjangkau 

micro influencer
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Ketika membangun sebuah usaha, kamu pasti mengharapkan untuk bisa menghemat pengeluaran agar bisa dialokasikan untuk beberapa hal operasional. Oleh karena itu, penggunaan jasa micro influencer ini menjadi salah satu pilihan tepat karena dapat menghemat biaya pengeluaran, namun tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal promosi usaha. 

3. Membantu menghasilkan engagement yang tinggi

Perlu kamu ketahui, bahwa engagement yang tinggi tidak selalu didapatkan dari influencer yang memiliki jumlah pengikut banyak. Faktanya, micro influencer cenderung memiliki tingkat engagement yang tinggi dibanding para selebriti. Penyebabnya, karena micro influencer biasanya memiliki pengikut yang lebih segmented dan ketertarikan serupa.

Baca juga: Pengertian Endorse Influencer dan Tips Memilihnya

4. Micro influencer lebih otentik

Micro influencer juga akan mempromosikan produk ke followers yang loyal dengan lebih otentik. Hal itu tentu mendukung kredibilitas produk usahamu karena kamu sudah terbukti ahli di bidang tersebut. 

Itulah keuntungan menggunakan micro influencer untuk promosi produk usahamu. Selain memiliki biaya yang lebih terjangkau, kamu juga akan mendapatkan pelanggan potensial karena micro influencer memiliki komunikasi yang lebih intens dengan followers di media sosial. 

Maksimalkan Promosi Usahamu dengan Penggunaan Aplikasi Usaha Youtap 

Jadi, tidak hanya sekadar iklan berbayar di TV, kini kamu juga bisa menggunakan micro influencer untuk promosi usaha. Jangan lupa gunakan Youtap POS untuk membantu pencatatan transaksi usaha, melakukan pembayaran secara cashless hingga analisis seluruh penjualan. 

Kamu juga bisa baca informasi selengkapnya, terkait fitur, promo atau event menarik lainnya hanya di Blog Youtap, ya. Yuk, segera gabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasinya sekarang juga

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat