Apa Peran Logo dalam Branding Bisnis?

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Saat membuat rencana untuk membangun bisnis, biasanya hal prioritas adalah modal uang. Namun, pada kenyataannya banyak faktor-faktor lain yang juga harus dipikirkan secara matang seperti logo. Namun, apa peran penting logo dalam branding bisnis?

Peran Logo dalam Branding Bisnis

Logo dalam branding
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Kebanyakan orang justru menyepelekan keberadaan logo karena menganggap hanya untuk pelengkap dalam membangun bisnis. Tetapi perlu kamu ketahui dalam kegiatan branding suatu perusahaan, logo merupakan aspek penting. Melalui adanya logo ini citra perusahaan juga bisa tergambar jelas. Lalu, sebenarnya apa peran logo dalam branding bisnis?  

1. Logo Menjadi Wajah Perusahaan

Logo menjadi hal pertama yang dikenal oleh konsumen. Dengan adanya tampilan visual logo yang menarik, banyak orang akan ingin tahu dan penasaran tentang bisnis milikmu. Apabila bisnis atau perusahaan memiliki logo yang unik dan menarik sesuai produk serta target pasarnya, ini bisa menjadi faktor untuk menarik minat konsumen. Memiliki desain logo yang tepat, membuat kamu bisa menyampaikan pesan atau makna yang ditawarkan oleh bisnis milikmu kepada konsumen. 

2.  Logo Bisa Menjadi Identitas Perusahaan

Logo dalam branding
Gambar: freepik.com/creativeart

Desain logo dengan pemilihan warna, bentuk, hingga font yang unik bisa mempengaruhi kemampuan untuk menceritakan perusahaan atau brand milikmu. Apalagi, jika perusahaan memiliki cabang dalam bidang yang berbeda tetapi menggunakan logo yang hampir serupa. 

Hal itu bisa membuat konsumen mengenal dan memahami bahwa bisnis tersebut berada di bawah naungan yang sama dengan milikmu.  

Baca juga: Tips Membuat Logo untuk Bisnis Kecil Agar Lebih Mudah Dikenali oleh Calon Pelanggan

3. Logo Menjadi Pembeda dari Pesaing Bisnis

Seperti yang kita tahu bahwa persaingan saat ini semakin ketat karena banyak bisnis bergerak di bidang yang sama. Apabila memiliki logo yang unik dan sangat menggambarkan brand milikmu, maka hal itu bisa menjadi pembeda dengan kompetitor lain di bidang yang sama.

Tak hanya sebagai pembeda, dengan adanya logo kamu juga bisa menunjukkan bahwa serius membangun dan menjalankan bisnis. Dengan menggunakan logo yang unik dan menarik, kepercayaan konsumen juga bisa meningkat. 

4. Meningkatkan Loyalitas Calon Konsumen

peran logo
Gambar: freepik.com

Terakhir juga bisa membantu meningkatkan loyalitas calon konsumen. Pastikan kamu bisa mempertahankan logo yang dibuat dari pertama kali hingga seterusnya ya. Jika, terlalu sering mengganti logo, ini akan membuat konsumen menjadi bingung dan sulit mengenal brand.

Jadi, sejak awal membuat logo pastikan sudah sesuai dengan bisnis dan memiliki ciri khas, sehingga konsumen akan mengenal brand yang kamu bangun. Logo ini juga menjadi top of mind para konsumen, yang sangat berpengaruh pada loyalitas konsumen terhadap brand yang ditawarkan. 

Kemudian, solusi terbaik dalam pengelolaan bisnis di era digital saat ini adalah Yotap POS. Youtap Indonesia sebagai Aplikasi POS memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola usaha secara digital. Salah satu contohnya seperti membantu mencatat laporan penjualan secara otomatis dari seluruh transaksi yang telah dilakukan setiap harinya.

Yuk, segera Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan terlengkap dan juga terpercaya. Dapatkan juga informasi, tips, promo, hingga event menarik lainnya hanya di Blog Youtap. Sekarang waktunya untuk bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat