Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 29, 2021

Pengertian Sistem Pembayaran Cashless dan Jenis-Jenisnya

Lebih sering digunakan oleh masyarakat karena dianggap praktis dan mudah, apa itu sistem pembayaran cashless dan jenis-jenisnya? Simak penjelasan berikut, yuk.

Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sistem pembayaran cashless memang lebih sering digunakan oleh masyarakat karena dianggap praktis dan mudah. Lalu, apa itu sistem pembayaran cashless serta jenis-jenisnya? 

Apa Itu Sistem Pembayaran Cashless?

Sistem pembayaran cashless
Gambar: freepik.com/fanjianhua

Dalam bahasa inggris cashless berarti menggunakan uang kontan atau tidak lagi pakai tunai saat bertransaksi. Jadi, singkatnya sistem pembayaran cashless berarti pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran digital. Pembayaran digital ini bisa antar individu, merchant atau pemilik usaha hingga pembayaran ke kas negara.

Keunggulan Sistem Pembayaran Cashless

Selain lebih mudah dan praktis karena tidak lagi membutuhkan uang tunai, berikut ini beberapa kelebihan sistem pembayaran cashless:

1. Bisa Bertransaksi Non Tunai di Mana Saja dan Kapanpun

Sistem pembayaran cashless
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Dengan menggunakan sistem pembayaran cashless, tentu kamu lebih mudah melakukan transaksi tanpa harus tarik tunai terlebih dulu. Kamu bisa melakukan sistem pembayaran cashless selama saldo mencukupi untuk membayar produk yang telah dibeli. 

2. Tidak Perlu Menghitung Uang 

sistem pembayaran cashless
Gambar: freepik.com

Sistem pembayaran ini membuat kamu tidak perlu repot menghitung kembalian karena sudah bisa secara otomatis memasukkan jumlah nominal sesuai dengan harga barang atau jasa yang dibeli. Dan saldo pembeli akan langsung terpotong sesuai nominal tersebut. 

3. Bisa Mendapatkan Banyak Promo

Sistem pembayaran cashless
Gambar: freepik.com/tirachardz

Keunggulan lain dari penggunaan cashless adalah kamu bisa mendapatkan banyak promo pada waktu-waktu tertentu. Promo tersebut bisa berasal dari pemilik usaha maupun penyedia layanan pembayaran nontunai tersebut. 

Jenis-Jenis Pembayaran Cashless

Setelah penjelasan mengenai sistem pembayaran cashless, kamu juga wajib mengetahui tentang jenis-jenisnya. Berikut ini beberapa jenis-jenis pembayaran cashless yang ada di Indonesia: 

1. Uang Elektronik 

Jenis pembayaran cashless yang satu ini merupakan sebuah metode pembayaran non tunai menggunakan kartu atau aplikasi tertentu. 

2. Kartu ATM 

Alat pembayaran nontunai ini memang masih sering digunakan hingga saat ini karena mudah dan cepat. Selain berbentuk kartu, sistem pembayaran ini juga bisa berupa tabungan digital.

3. Giro dan Cek

Dan selanjutnya untuk sistem pembayaran dalam skala yang lebih besar, seperti korporasi biasanya menggunakan giro dan cek. 

4. E-money

Saat ini sistem pembayaran yang berbentuk e-money atau electronic money sudah sering digunakan oleh masyarakat luas. Kamu bisa menggunakan sistem pembayaran ini menggunakan kartu maupun server seperti FLAZZ, Go-Pay, OVO, Dana, dan BRIZZI.

5. QRIS 

Terakhir adalah sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Perlu kamu ketahui juga bahwa sistem pembayaran cashless ini bisa digunakan melalui aplikasi Youtap. Hanya dengan satu QRIS kamu bisa bertransaksi lebih mudah dan praktis.

Jadi, jenis pembayaran cashless ada beragam tidak hanya kartu ATM, uang elektronik, e-money, giro dan cek, tetapi juga terdapat QRIS yang kini biasa digunakan oleh banyak orang dan sudah tersedia di Youtap POS sebagai Aplikasi Kasir. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang salah satunya untuk membantu membuat laporan penjualan dari data seluruh transaksi setiap harinya secara otomatis. 

Selain itu, saat ini Youtap Indonesia juga berinovasi menghadirkan sistem terbaru Youtap BOS, platform b2b marketplace yang membantu mempertemukan pemilik usaha di seluruh Indonesia dengan supplier-supplier ternama. Menariknya, kamu bisa menggunakan Youtap POS dan Youtap BOS hanya dengan satu akun saja, karena keduanya sudah terintegrasi, lho! Yuk segera bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama