Apakah Susu UHT Full Cream Sehat Bagi Tubuh?

Oleh
AriantiK
May 29, 2024
Share this:

Pasti kamu sudah tidak asing lagi ketika melihat produk susu UHT full cream, bukan? Produk ini memang sering masuk di beberapa supermarket besar, minimarket, platform online hingga warung-warung sekalipun. Meski banyak dikonsumsi, namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaatnya bagi anak-anak bahkan hingga orang dewasa. 

Sampai dengan saat ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa susu UHT hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak saja. Padahal nyatanya susu UHT juga memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa karena mengandung nutrisi, seperti protein, vitamin D, dan kalsium yang dibutuhkan di segala usia. 

Apa Itu Susu UHT Full Cream?

susu UHT full cream
gambar: freepik.com/jcomp

Melansir dari Alodokter, susu UHT sendiri merupakan salah satu jenis yang terbuat dari susu sapi segar, di mana kandungan nutrisinya tetap terjaga seperti aslinya karena sudah melalui proses pasteurisasi dengan teknik pengolahan pada suhu sangat tinggi.

Sama dengan susu UHT pada umumnya, full cream juga akan diproses dengan cara dipanaskan hingga lebih dari 135 derajat Celsius selama 1 sampai 2 detik. Tujuan dari proses tersebut untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya tanpa perlu merusak kandungan gizi. Pasalnya, melalui proses tersebut, susu akan jadi lebih aman saat dikonsumsi dan akan awet untuk disimpan (selama 9 bulan). Namun, perlu dipastikan bahwa keawetan dalam penyimpanan susu UHT sendiri akan dipengaruhi oleh kemasannya. Apabila kemasan susu masih disegel rapat dan tidak terkontaminasi bakteri maka paling lama akan bertahan hingga 9 bulan. 

Manfaat Susu UHT Full Cream Bagi Tubuh

Tidak hanya untuk anak-anak, tapi susu UHT full cream juga memiliki beberapa manfaat bagi orang dewasa: 

1. Bantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa susu memiliki kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Hal itu yang ternyata dibutuhkan oleh setiap orang, mencakup anak-anak dan orang dewasa. Kemudian, susu juga dapat menjadi sumber vitamin B12 dan D bagi tubuh. Nyatanya kedua kandungan vitamin tersebut cukup sulit untuk didapatkan, namun bisa ditemukan dalam susu.

Adanya kandungan protein dan macam-macam vitamin serta mineral pada susu tentu bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

2. Bantu Proses Pertumbuhan Tulang dan Gigi Anak Hingga Orang Dewasa

susu UHT full cream
gambar: freepik.com/pressfoto

Kemudian, susu juga bisa bantu proses pertumbuhan tulang dan gigi bagi anak karena memiliki kandungan kalsium dan vitamin D. Jadi, konsumsi susu ini sangat disarankan bagi anak-anak yang berusia 1-3 tahun karena membutuhkan 700 mg kalsium per hari. Sedangkan untuk anak-anak yang berusia 4-8 tahun membutuhkan lebih banyak kalsium yaitu sebesar 1.000 mg per hari. Bila anak-anak kekurangan kalsium, hal itu akan berdampak pada pertumbuhan yang bisa terhambat. 

Kemudian penjelasan yang dilansir dari Healthline, diketahui bahwa minum susu ini juga bisa menjaga kesehatan tulang orang-orang dewasa. Alasannya karena terdapat kombinasi nutrisi yang kuat pada susu seperti kandungan kalsium, fosfor, potassium, dan protein. 

Jadi, konsumsi susu tentu dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis. Dalam sebuah penelitian yang disebutkan di Healthline, diketahui bahwa susu dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang, khususnya pada orang dewasa. Faktanya, protein membentuk sekitar 50% volume tulang dan sekitar sepertiga massa tulang. Bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein dapat melindungi dari pengeroposan tulang, terutama pada wanita yang tidak mengonsumsi cukup kalsium. 

3. Sumber Energi Bagi Tubuh

Adanya kandungan gizi yang cukup banyak dan bahkan tidak berubah setelah melewati proses pasteurisasi, susu UHT disebut sangat baik apabila dikonsumsi jika ingin menambah sumber energi. 

Setelah mengetahui beragam manfaat susu UHT full cream, sayang rasanya kalau tidak membiasakan diri untuk meminumnya setiap hari. Oleh karena itu, yuk mulai biasan diri untuk minum susu pada saat pagi hari demi meningkatkan energi sebelum beraktivitas, serta malam hari agar menjaga kualitas tidur. Bagi kamu yang ingin mengonsumsi susu UHT full cream, bisa langsung beli produk GreenFields di Youtap BOS, ya! 

susu UHT full cream

Referensi: 

  1. Everyday Health (2023) diakses pada 22 Mei 2024. 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health
  2. Alodokter (2020) diakses pada 22 Mei 2024. Mengenal Susu Cair UHT Full Cream dan Manfaatnya di Sini

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat