Agar pelanggan selalu setia dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis milikmu, tentu harus ada strategi marketing yang dijalankan salah satunya melakukan loyalty program. Namun, apa itu loyalty program dan contoh-contohnya?
Loyalty program merupakan sebuah program yang jadi salah satu strategi dalam melakukan digital marketing. Kegiatan ini dilakukan untuk menarik hati pelanggan, agar tetap mempertahankan serta terus setia dalam menggunakan produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan.
Jelasnya, loyalty program adalah salah satu upaya perusahaan untuk mendorong konsumen agar selalu berinteraksi rutin membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Namun, pastikan bahwa loyalty program ini didesain serta disusun dengan sangat baik agar menarik kesan pelanggan.
Loyalty program sendiri memiliki beberapa jenis yang apabila diterapkan masih efektif dalam strategi marketing, yaitu:
Program ini mudah untuk dilakukan, yaitu cukup dengan seluruh konsumen yang melakukan kegiatan transaksi pada jumlah tertentu akan mendapatkan poin. Apabila poin mencukupi pada jumlah tertentu yang telah ditetapkan perusahaan sebelumnya, maka dapat langsung menukarkannya dengan hadiah dari perusahaan.
Loyalty program yang satu ini maksudnya hanya akan ada pada saat event terbatas seperti acara akhir tahun. Pada event tersebut perusahaan akan memberikan keuntungan pada para konsumen setianya dengan memberikan diskon besar-besaran, gratis pelayanan tambahan, beli 1 gratis 1, dan lain-lainnya.
Cara selanjutnya dalam melakukan loyalty program adalah berupa kemitraan. Nantinya, para konsumen akan diberikan keuntungan berupa kesempatan untuk dapat menjadi partner atau mitra kerja pada perusahaan.
Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan menggunakan produk dengan harga spesial. Sederhananya, program kemitraan ini ditawarkan kepada konsumen yang sering melakukan kegiatan endorsement.
Terakhir, adalah program value brand untuk memberikan keuntungan kepada pelanggan. Contoh dari program ini adalah memberikan cashback kepada pelanggan setelah membeli produk tertentu, atau pemberian voucher diskon.
Tujuannya untuk membuat para konsumen lebih setia, merasa senang, dan nyaman saat berlangganan produk atau jasa milikmu. Jadi, tidak hanya memberikan untung untuk pihak pemilik usaha tetapi juga pelanggan.
Itulah beberapa loyalty program yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga mereka lebih setia dan royal kepada produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Kemudian, demi meningkatkan layanan dan kenyamanan pelanggan saat berbelanja, pastikan kamu menggunakan Youtap, ya! Pasalnya, fitur-fitur pada Aplikasi Youtap sudah dilengkapi dengan sistem canggih yang akan bantu kamu melakukan macam-macam metode pembayaran, pencatatan, hingga analisis seluruh penjualan agar lebih mudah menentukan strategi bisnis pada periode yang akan datang.