Apa Itu Loyalty Program dan Contoh-Contohnya?

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Agar pelanggan selalu setia dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis milikmu, tentu harus ada strategi marketing yang dijalankan salah satunya melakukan loyalty program. Namun, apa itu loyalty program dan contoh-contohnya?

Apa Itu Loyalty Program?

Loyalty program merupakan sebuah program yang jadi salah satu strategi dalam melakukan digital marketing. Kegiatan ini dilakukan untuk menarik hati pelanggan, agar tetap mempertahankan serta terus setia dalam menggunakan produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan. 

Jelasnya, loyalty program adalah salah satu upaya perusahaan untuk mendorong konsumen agar selalu berinteraksi rutin membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Namun, pastikan bahwa loyalty program ini didesain serta disusun dengan sangat baik agar menarik kesan pelanggan.

Contoh Loyalty Program yang Efektif Dilakukan 

Loyalty program sendiri memiliki beberapa jenis yang apabila diterapkan masih efektif dalam strategi marketing, yaitu: 

1. Loyalty Point

Program ini mudah untuk dilakukan, yaitu cukup dengan seluruh konsumen yang melakukan kegiatan transaksi pada jumlah tertentu akan mendapatkan poin. Apabila poin mencukupi pada jumlah tertentu yang telah ditetapkan perusahaan sebelumnya, maka dapat langsung menukarkannya dengan hadiah dari perusahaan. 

2. Event Terbatas

loyalty program
Gambar: freepik.com

Loyalty program yang satu ini maksudnya hanya akan ada pada saat event terbatas seperti acara akhir tahun. Pada event tersebut perusahaan akan memberikan keuntungan pada para konsumen setianya dengan memberikan diskon besar-besaran, gratis pelayanan tambahan, beli 1 gratis 1, dan lain-lainnya. 

3. Program Kemitraan

Cara selanjutnya dalam melakukan loyalty program adalah berupa kemitraan. Nantinya, para konsumen akan diberikan keuntungan berupa kesempatan untuk dapat menjadi partner atau mitra kerja pada perusahaan. 

Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan menggunakan produk dengan harga spesial. Sederhananya, program kemitraan ini ditawarkan kepada konsumen yang sering melakukan kegiatan endorsement

4. Program Value Brand

loyalty program
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir, adalah program value brand untuk memberikan keuntungan kepada pelanggan. Contoh dari program ini adalah memberikan cashback kepada pelanggan setelah membeli produk tertentu, atau pemberian voucher diskon. 

Tujuannya untuk membuat para konsumen lebih setia, merasa senang, dan nyaman saat berlangganan produk atau jasa milikmu. Jadi, tidak hanya memberikan untung untuk pihak pemilik usaha tetapi juga pelanggan. 

Itulah beberapa loyalty program yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga mereka lebih setia dan royal kepada produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Kemudian, demi meningkatkan layanan dan kenyamanan pelanggan saat berbelanja, pastikan kamu menggunakan Youtap, ya! Pasalnya, fitur-fitur pada Aplikasi Youtap sudah dilengkapi dengan sistem canggih yang akan bantu kamu melakukan macam-macam metode pembayaran, pencatatan, hingga analisis seluruh penjualan agar lebih mudah menentukan strategi bisnis pada periode yang akan datang. 

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat