Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disebut juga sebagai UMKM saat ini sedang diminati banyak masyarakat Indonesia. Namun tidak asal menjalankan bisnis usaha begitu saja untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Berikut beberapa strategi pengembangan UMKM.
Demi bisa menghadapi pasar global saat ini memang tidaklah mudah, karena produk UMKM tentu harus bersaing dengan produk dari negara lain.
Strategi yang dibutuhkan pun harus tepat untuk bisa mengembangkan UMKM menghadapi pasar global. Dan berikut beberapa strategi pengembangan UMKM yang bisa kamu lakukan:
Selain modal uang, kamu juga harus memiliki biaya operasional yang dibutuhkan. Perbedaan antara keduanya yaitu, modal dapat diartikan sebagai kumpulan uang atau barang yang nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan suatu pekerjaan.
Dan sangat berbeda dengan biaya operasional yaitu biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari perusahaan. Biaya operasional ini nantinya akan digunakan untuk membayar segala kebutuhan yang terkait dengan bahan produksi, bahan baku, dan gaji karyawan. Meskipun banyak orang yang memang lebih menyukai harga murah, namun tetap seimbangkan harga asli dengan bahan baku dan biaya produksi, ya.
Karena apabila kualitas yang kamu ciptakan tinggi, maka konsumen tetap setia menggunakan produk yang kamu miliki.
Berikutnya tentang strategi pengembangan UMKM yang tak boleh kamu lewatkan adalah memilih produk tepat. Pastikan produk yang kamu pilih kreatif, inovatif, serta bermanfaat bagi penggunanya, dan pastinya menarik untuk dijual.
Untuk memilih produk yang tepat ini, tentu kamu harus melakukan research dengan toko-toko pesaing atau kompetitor. Lakukanlah searching secara berkala, melalui googling maupun survey secara langsung.
Tak hanya kualitas produk serta harga yang terjangkau, demi mendukung UMKM yang sukses kamu juga butuh seorang karyawan dalam membantu menjalankannya. Maka pilihlah seseorang yang memiliki pandangan ataupun pengetahuan terkait bisnis yang sedang kamu jalani. Lakukan seleksi maupun rekrutmen secara teliti.
Tentu tujuannya agar bisnis dapat berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan maksimal. Oleh sebab itulah melakukan strategi pengembangan UMKM yang tepat sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha.
Semakin canggihnya dunia digital sekarang ini, hampir seluruh promosi usaha dilakukan melalui berbagai platform media sosial. Media sosial sendiri sudah sejak lama sangat berperan aktif dalam memperkenalkan ataupun menyebarkan informasi mengenai UMKM yang sedang kamu jalani. Namun perlu kamu ketahui bahwa tak hanya sekadar soal promosi saja, jual beli online juga bisa kamu lakukan melalui media sosial untuk membantu pemasukan bisnis, lho.
Oleh sebab itulah, media sosial ini juga sering disebut sebagai langkah awal promosi untuk pengusaha pemula. Kamu harus pandai memanfaatkan media sosial secara maksimal, mulai dengan menulis alamat bisnis, hingga produk atau jasa yang kamu jual. Promosi melalui media sosial inilah yang menjadi kunci utama dalam strategi pengembangan UMKM agar bisnis semakin dikenal luas.
Strategi pengembangan UMKM yang terakhir adalah memilih lokasi yang tepat sesuai dengan target pembeli.
Dalam memilih lokasi strategis sebaiknya usahakan menggunakan tempat yang sering dilewati orang, serta lihatlah daya konsumsi masyarakat di sekitarnya pula.
Itulah beberapa strategi pengembangan UMKM yang efektif untuk dilakukan. Dan saat ini, sebagai solusi digital terbaik untuk semua bisnis dan perusahaan kamu bisa menggunakan aplikasi usaha Youtap. Nikmati berbagai fitur lengkap untuk mendukung usaha semakin berkembang.