Seperti kita tahu bahwa konsumen usaha yang semakin meluas tentu membuat peluang UMKM untuk ke ranah internasional jadi terbuka lebar. Hal ini tentu juga jadi salah satu tujuan bagi para pelaku UMKM agar lebih banyak menghasilkan keuntungan dan membangun reputasi usaha hingga menggaet konsumen-konsumen baru. Selain mempersiapkan modal dan strategi yang matang, tentu akan ada hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan seperti di bawah ini.
Tips pertama bagi kamu yang ingin ekspansi ke ranah internasional maka harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Pahami kondisi pasar yang akan dituju agar produk atau layanan yang ditawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi konsumen. Hal-hal yang harus dilakukan saat riset pasar internasional mencakup:
Pahami minat pasar yang kamu tuju, apakah permintaan atau kebutuhan konsumen dapat dipenuhi? Selain itu, lakukan identifikasi pesaing yang sudah ada di pasar tersebut. Cobalah untuk mempelajari strategi pemasaran dan keunggulan mereka. Cara ini tentu akan membantu kamu untuk memahami bagaimana usaha dapat bersaing secara efektif.
Apabila terdapat jenis usaha yang sama di dalam niche internasional, maka pastikan untuk menentukan unique selling point. Hal ini tentu akan membantu usaha tampil dengan cara yang beda dan memiliki nilai atau solusi lebih unggul bagi konsumen. Sebagai tips, hindarilah pasar dengan pesaing kuat. Fokuslah pada pasar yang punya peluang besar agar usaha cepat berkembang.
Selain riset, lancar dalam berbahasa asing juga bisa jadi salah satu faktor pendorong UMKM go internasional. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa asing, khususnya Inggris yang jadi bahasa internasional.
Pasalnya dengan memahami bahasa yang digunakan di pasar internasional tentu akan membantu dalam berkomunikasi dengan lebih efektif. Tidak hanya mempermudahkan interaksi dengan pelanggan dan mitra usaha, tapi juga dapat membantu hubungan personal yang lebih baik. Apabila kesulitan dalam berbahasa asing sesuai negara yang kamu targetkan, maka minimal kuasai dasar Bahasa Inggris.
Sebagaimana kita tahu bahwa teknologi juga bagian penting dari UMKM go internasional. Alat-alat teknologi yang semakin berkembang dan canggih akan bantu kamu untuk bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mitra di luar negeri. Selain itu juga memungkinkan kamu berkomunikasi secara teratur, tetapi juga menghemat waktu dan biaya perjalanan. Bahkan teknologi juga bisa membantu melakukan pelacakan saat pengiriman produk ke luar negeri, kelola dokumen secara online dan lain-lainnya.
Selain lancar berbahasa asing, kamu juga harus memahami dunia usaha internasional. Apabila skala pasar semakin luas, tentu akan berbeda-beda cara kelolanya dengan dalam negeri. Di mana adanya perbedaan, budaya, peraturan, hingga harapan dari konsumen. Jadi, cobalah untuk mempelajari prinsip dasar-dasar usaha internasional dan terus update dengan perkembangan dunia internasional. Hal itu tentu akan membuat usaha tetap bisa operasi sesuai dengan standar yang berlaku.
Memperluas jaringan usaha di dunia internasional tentu akan membantu kamu membuka peluang kolaborasi lintas negara. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan produk atau layanan baru.
Salah satu kendala pelaku UMKM yang ingin go internasional adalah masalah sumber daya atau keuangan. Oleh karena itulah peran sistem digital seperti Youtap POS sangat dibutuhkan karena dapat membantu mempersiapkan pencatatan transaksi secara real time, pembuatan laporan keuangan, hingga melakukan analisis penjualan. Melalui analisis yang akurat, tentu saja kamu akan lebih mudah merencanakan aspek finansial dengan lebih matang.
BACA JUGA: 7 Manfaat Menggunakan Aplikasi UMKM
Dalam menghadapi pasar internasional yang sangat luas, maka kamu harus mempersiapkan strategi pemasaran efektif sesuai target. Sehingga penting untuk mempelajari perilaku konsumen, dan tren yang sedang berkembang. Berikut beberapa cara melakukan strategi pemasaran efektif:
Pertama, kamu perlu melakukan segmentasi dan targeting. Di mana segmentasi ini akan dibedakan berdasarkan perilaku konsumen, karakteristik demografis, hingga psikografis. Setelah menentukan bagian segmentasi sesuai dengan target pasar usahamu, maka buatlah strategi efektif untuk bisa menjangkau audiens saat promosi.
Hal lain yang penting juga untuk dipertimbangkan adalah menawarkan produk atau layanan sesuai kebutuhan dan preferensi pasar. Tidak hanya kualitas, faktor pendorong lain yang juga bisa memengaruhi minat konsumen di pasar adalah menyesuaikan desain, fitur, atau bahkan ukuran produknya.
Faktor harga juga harus diperhatikan, cobalah untuk menentukan harga yang sesuai dengan pasar dan pesaing. Namun dalam menentukan harga ini jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya produksi, daya beli konsumen di pasar internasional hingga harga kompetitor.
Terakhir, buatlah konten promosi yang relevan atau sesuai dengan tren, gaya bahasa serta budaya dengan target pasarmu. Jangan lupa maksimalkan juga penggunaan media sosial, iklan, dan alat pemasaran lainnya yang populer di pasar tersebut. Lalu, agar mencapai audiens internasional kamu juga perlu memanfaatkan pemasaran digital, atau bahkan bisa iklan online sesuai minat konsumen.
Setelah penjelasan di atas, kini saatnya para pelaku UMKM mulai menerapkan beberapa tips di atas apabila ingin mengembangkan jaringan pasar hingga ke ranah internasional yuk. Di mana kamu perlu riset pasar, pelajari bahasa asing dan dunia usaha internasional, memanfaatkan teknologi, hingga mempersiapkan sumber daya dan strategi pemasaran yang efektif.
Telah disebutkan sebelumnya bahwa mempersiapkan sumber daya juga jadi salah satu hal penting, oleh karena itu gunakan sistem digital Youtap POS dalam pengelolaan UMKM. Di mana Aplikasi Kasir Digital ini akan membantu mengelola usaha lebih praktis dan mudah, karena fitur-fiturnya menyediakan pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, analisis penjualan, beragam metode pembayaran cash maupun cashless dan lain-lainnya.