Salah satu strategi pemasaran yang efektif hingga saat ini adalah memberikan diskon kepada pelanggan. Namun, pastikan juga kamu sudah memiliki perencanaan yang matang sebelum membuat diskon. Pasalnya kamu harus bisa menghitung serta menentukan waktu yang tepat untuk menawarkan diskon. Berikut ini jenis-jenis diskon dan hal penting yang harus diperhatikan.
Jenis yang pertama ada diskon member yang memang diberikan hanya untuk pelanggan tertentu. Promo diskon member ini biasanya terbatas karena hanya untuk pelanggan yang memiliki atribut dari toko. Atribut yang dimaksud adalah kartu member, atau stamp keanggotaan.
Jenis yang kedua adalah diskon plus yang seringkali dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan dan toko online. Diskon plus ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya karena memiliki persyaratan khusus. Jadi, apabila kamu melihat jenis diskon plus pastikan membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku.
Jenis ketiga adalah diskon up to yang maksudnya diberikan potongan harga hingga batas tertentu.
Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika akan memberikan diskon adalah mengetahui waktu atau momen. Ada baiknya kamu membuat promo diskon pada hari-hari besar atau saat liburan. Selain itu, pastikan juga kamu memberi diskon sesuai dengan momen dan produknya.
Sebagai contoh sederhana, menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, kamu bisa tawarkan berbagai macam produk pakaian muslim dengan harga diskon yang lebih besar. Bisa juga memberikan gratis ongkos kirim (ongkir).
Kemudian, kamu bisa memilih produk yang sepi peminat untuk diberikan diskon. Pilihan lain juga bisa memberikan diskon untuk barang-barang yang memang perlu dihabiskan stoknya. Walaupun terlihat adanya kerugian, tetapi akan lebih baik jika produk jualan bisa terjual habis daripada menumpuk dan harus dibuang.
Selanjutnya, kamu juga bisa berikan diskon khusus pelanggan setia. Di mana ini juga bisa menjadi salah satu bentuk rewards karena mereka mempercayakan produk milikmu.
Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghitung diskon:
Biasanya di toko-toko tertentu akan ada beberapa tulisan diskon pada sebuah produk dengan keterangan 20 persen off. Jika seperti itu, maka perhitungannya, diskon x harga diskon : 100.
Sebagai contoh, harga barangnya adalah Rp 400.000 maka 20 x Rp 400.000 = Rp 8.000.000 : 100 = Rp 80.000. Jadi yang harus dibayar adalah Rp 400.000 - Rp 100.000 = Rp 300.000
Dalam diskon seperti ini, berarti kamu harus menghitung diskon pertama dan kedua. Contohnya, harga barang Rp 400.000 dengan diskon 30+20 persen. Maka perhitungannya:
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan diskon, jenis serta cara menghitungnya dengan tepat. Bagi kamu yang memiliki toko atau usaha penting untuk menggunakan aplikasi karena bisa memudahkan kegiatan menghitung keuangan secara otomatis termasuk keuntungannya.
Lebih mudahnya, kamu bisa gunakan Youtap POS yang tentunya akan membantu dalam proses penjualan seperti pembayaran, perhitungan, pencatatan keuangan hingga analisisnya. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise.